Selasa, 16 Juli 2013

Karpet dari Bunga Hidup Terbesar di Indonesia

TOMOHON - Kota ini sukses dengan pagelaran Tournament of Flower (ToF).
Tapi tidak hanya itu, wilayah yang terkenal sangat sjuk di Provinsi Sulawesi Utara ini, pun telah memecahkan rekor Indonesia uantuk karpet dari bunga hidup yang dibuat tahun 2008 silam.

Karpet bunga ini menggunakan materi dua jenis bunga masing-masing marigold dan aster dengan 5 aneka warna yakni kuning, orange, putih, ungu dan merah. Sebanyak 6-7 juta kuntum bunga mari-gold dan aster menutupi bi-dang seluas 49 X 79,2 meter persegi, yang diletakkan secara rapi di dasar tanah seluas 4.000 m2 dengan dikelilingi 46 kendaraan hias, serta membentuk tulisan Tomohon Flower Festival (TFF) 2008. 

Menariknya, pembuatan karpet raksasa tersebut dilakukan seluruh Satuan Kerja Perangkan Daerah (SKPD) dan berlangsung selama kurang lebih 26 jam, yang dimulai dari Sabtu (05/07) pukul 11.00 Wita sampai Minggu (06/07) pukul 01.00 Wita dan dilanjutkan dari pukul 05.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita. 

Ketika bunga tersisa 10 kuntum, seluruh dekorator bersama-sama meng-hitung dari urutan 10 hingga 1. Begitu bunga terakhir di-letakkan, seluruh dekorator dan masyarakat yang hadir memberikan aplaus panjang.

Bahkan sejumlah wisatawan mancanegara yang hadir saat itu langsung langsung mengabadikan momen langka dan bersejarah tersebut.

Sebetulnya karpet bunga terbesar ini sudah mengalah-kan rekor dunia yang pernah terjadi di Kota Amsterdam, Belanda pada pameran bunga internasional beberapa waktu lalu. Di mana saat itu karpet bunga raksasa dibuat de-ngan ukuran 50X50 m2. Ha-nya saja muncul informasi bahwa Cina sudah membuat karpet raksasa dengan ukur-an 100X100 m2, tapi setelah dicek pihak Muri di website belum ditemukan.

dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: