Sabtu, 16 April 2016

Jembatan Soekarno Manado: Permainan Empat Warna dan Simbol Kerukunan

SEBAGAI Proklamator dan Presiden Pertama RI, nama Ir. Soekarno banyak diabadikan sebagai nama jalan, tempat, wilayah dan masih banyak lagi.

Di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sendiri, nama ini diabadikan sebagai nama jembatan. Jembatan Soekarno, itulah nama jembatan dengan panjang1.127 meter dan Lebar 17 meter. Membentang di atas Pelabuhan Manado menjadikan jembatan ini menjadi ikon baru ibukota provinsi itu.

Tidak hanya hari libur, warga Manado, bahkan dari Kabupaten/Kota lainnya setiap hari, terutama pagi dan sore hingga malam, akan berwisata di atas jembatan sambil menikmati panorama teluk Manado, serta tentu saja, Pulau Manado Tua yang memang tampak dengan jelas.

Daya tarik jembatan berbandrol Rp300,28 miliar ini akan lebih memanjakan mata setiap warga saat malam hari. Penempatan lampu empat (4) warna, kemudian memantul ke dua tiang utama.

Itulah keindahan yang disajikan Jembatan Soekarno, itulah kebangaan seluruh warga. Empat warna yang menghiasi angkasa, Merah, Biru, Kuning dan Hijau, seolah menggambarkan kehidupan warga Sulut yang penuh warna, pluralis namun senantiasa harmonis.

Maka, tak ada kata menyesal jika kita datang ke Manado dan menyapa jembatan Soekarno dengan empat warnanya sebagai simbol kerukunan!

Tidak ada komentar: