Sabtu, 13 Juli 2013

Bukit Kasih Kanonang, Lambang Kerukunan Umat Beragama

Tugu Bukit Kasih Kanonang (foto: minahasa.go.id)
BUKIT Kasih terletak di Kabupaten Minahasa, Kecamatan Kawangkoan, tepatnya di kaki Gunung Soputan. Dari kota Manado dapat dicapai dengan kendaraan pribadi selama sekitar 1 jam. Jalannya berkelok-kelok dengan pemandangan teluk Manado di salah satu sisi jalan. Dari tempat ini, jika cuacanya cerah, akan memungkinkan kita melihat pemandangan yang sangat indah.

Dinamakan Bukit Kasih karena di sana terdapat tempat-tempat ibadah saling berdekatan, simbol bahwa semua agama dapat hidup berdampingan dalam damai dan saling mengasihi. Ada gereja Katolik, gereja Kristen, Vihara, Mesjid, dan Pura. Di bagian bawahnya terdapat pahatan dua kepala orang yang dianggap sebagai nenek moyang orang Minahasa. Pemahatnya didatangkan dari Pulau Dewata. Penduduk asli selalu mengingatkan anak-anak mereka dengan menceritakan asal usul nenek moyang mereka dan penyebarannya, agar mereka tidak melupakan leluhurnya.

Tempat-tempat ibadah terebut terletak di puncak bukit. Untuk mencapainya kita harus mendaki anak tangga sebanyak 2435 buah. 

Menurut beberapa anak penjual jagung , kalau ada jeep pengangkut bahan makanan buat penjaga rumah ibadah, kami bisa ikut mereka. Tetapi melihat jalan setapak yang bener bener setapak dan jurang di sebelah kanannya dengan uap-uap belerang, banyak yang memilih jalan kaki saja, karena sepertinya lebih aman. Jika Anda pergi ke tempat ini, walaupun jalannya panjang dan berkelok-kelok, tetapi tak akan pernah terlupakan.

Tidak ada komentar: